Sabtu, 21 November 2015

SEDEKAH ADALAH BERKAH

SEDEKAH ALI BIN ABI THALIB

By : Imroatun Nadifah


Pada suatu hari ali bin abi thalib pulang kerumah sesampainya dirumahnya dia menemuai istrinya. Dan sayyidina ali bertabya kepada istrinya, “ wahai istriku, apakah da sesuatu yang engkau berikan kepadaku ?
            “demi allah, aku tidak mempunyai sesuatupun tapi, ini ada uang 6 dirham aku ingin membelikan makanan untuk anak kita” kata fatimah.
 “berikanlah uang itu aku akan membelikannya”sayyidina ali memintanya.

            Lalu siti fatimah memberikan uang itu kepada suaminya, lalu ali pergi untuk membelikan makanan untuk hasan dan husain namun, di tengah perjalanan dia bertemu dengan laki laki. Laki laki itu berkata “ siapa yang ingin meminjamkan kepada allah maka berilah pinjaman kepadaku”. Dan dia kembali kerumahnya. Dia melihat istrinya menangis, lalu dia bertanya kepadanya, “apa yang menyebabka engkau menangis ya fatimah”.aku melihatmu datang dengan tangan hampa” jawab fatimah.
Lalu sayyidina ali keluar lagi untuk pergi kerumah rasulullah SAW. Namun ditengah perjalanan dia bertemu dengan seorang badui yang sedang menuntun unta, lalu orang itu berkata, belilah untaku ini.” Aku tidak mempunyai apa apa” jawab sayyidina ali. Kamu boleh menyutanginya dan ali menyetujuinya

Saat kemudian ada seorang badui lain dan datang kepadanya dan berkata.”wahai sayyidina ali apakah engkau mau menjual unta itu? Sayyidina ali menjawab”ya”
Orang badui itu membeli untanya dengan harga yang tinggi. Ia memberikan uang sebanya tiga ratus dirham kepada sayyidina ali agar mau menyerahkan untanya. Setelah itu sayyidina ali langsung pulang.

Setelah itu sayyidina ali pergi lagi kerumah rasulullah dan menemuinya dan dia ingin mengatakan hal yang dialaminya namun, rasulullah berkata apakah kamu yang akam memberitahuku atau aku yang akan memberitahumu tanya rasulullah lalu sayyidina hasan menjawab allah dan rasul-Nyalah yang lebih mengetahui baiklah aku akan memberitahumu bahwa orang pertama yang menjual unata itu adalah malaikat jibril dan orang yang membeli unta itu ialah malaikat mikail.

Dengan kisah itu kita dapat mengetahu betapa pentingnya sadaqah dan kalau kita bersedaqah dengan ikhlas maka allah akan memberikan balasan yang lebih besar daripada yang kita sedekahkan itu 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar